Artikel

Memprediksi Biaya Renovasi Atap Rumah

Memprediksi Biaya Renovasi Atap Rumah

Bagi masyarakat / orang awam sangatlah wajar dan manusiawi jika bingung atau tidak bisa memprediksi Biaya Renovasi Atap Rumah. Berikut penulis dan juga tim dari renovatap.com akan memberikan sedikit gambaran  dan tahap-tahap memprediksi biaya renovasi atap rumah.

  1. Volume yang digunakan untuk pekerjaan borongan untuk atap adalah Luas bidang atap atau luas miring. 
  2. Sekilas cara memperkirakan volume atap atau luas bidang atap adalah luas bangunan dengan overstek dibagi dengan Cosinus sudut kemiringan atap. Sebagai contoh bangunan 6m x 10m kita asumsi overstek depan dan belakang 1m, jadi luas datar 72m2. Dengan asumsi kemiringan atap 30 derajat luas bidang atap 72m2 dibagi Cosinus 30 menjadi 83m2. (Cosinus 30 derajat adalah 0.866 bisa didapat dari kalkulator scienfic di hp andorid)
  3. Mengganti Rangka Atap Kayu lama dengan Rangka Atap Baja Ringan agak sulit jika sebagian-sebagian (Partial),baiknya sekaligus seluruh bidang atap digantinya. 
  4. Tentukan lingkup pekerjaan / item-item pekerjaan renovasi atap yang urgent dilaksanakan. Lingkup pekerjaan yang biasa dikerjakan antara lain; bongkar atap lama, dipasaran harga borongan perm2 sekitar Rp. 60.000,- s/d 70.000,- tergantung kesulitan dan volume. Kami Cv. Virgo Aditama dengan brand renovatap.com biasa memberikan harga borongan bongkar atap lama, genteng lama dan kebersihan sisa puing keseluruhan dengan interval Rp. 40.000,- s/d 50.000,- jauh lebih murah bukan?. Yang kedua adalah pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan. Dipasaran harga borongan Rangka Atap Baja Ringan sangat bervariatif, harga perm2 (bidang atap) kisaran dari Rp. 100.000,- s/d 190.000,- bisa dicek juga dibuku Jurnal harga satuan pekerjaan edisi 38. “Kok bervariatif sekali harganya?” Ya tahun 2018 saya pernah deal harga rumah tinggal pancoran dengan harga Rp. 185.000,- /m2 tapi dilihat dulu spesifikasi bahan maupun strukturalnya. Saat ini hasil negosiasi kamu dengan owner (bpk Taufiq Firmansyah) antara lain; bahan C.75.1mm merk Taso (paling premium dikelasnya dan paling mahal pastinya) Jarak Kuda-kuda 90cm (gajah diatas juga gak bakal rubuh, hehe..) Reng R.40.45 spek reng paling premium dan paling mahal pastinya. Tapi belum lama di 2019 kami juga pernah deal harga Rp. 100.000,- tentunya dengan spesifikasi dan merk bahan yang berbeda pula. 
  5. Pastikan Genteng lama akan dipakai kembali atau menggunakan genteng baru. Akan lebih ekonomis jika genteng lama bisa dipergunakan kembali, biasanya ada beberapa genteng yang pecah. Kendalanya adalah jika genteng lama tersebut sudah limited edition sehingga akan sulit mencarinya. Biaya pasang genteng keramik atau beton di pasaran dan dibuku jurnal harga satuan antara Rp. 30.000,- s/d Rp. 50.000,- Kami biasa memberikan harga dibawah harga pasaran tersebut.
  6. Jika memakai genteng baru pastikan memakai jenis atap genteng keramik, beton atau metal bisa juga atap aspal onduline. Pada artikel kami yang lain akan kami jelaskan plus minus dari atap-atap tersebut.
  7. Perlukah Plafond eksisting diganti. Pertanyaannya yang ada dibenak bapak/ibu biasanya  “apa bisa bongkar pasang atap tanpa bongkar plafond?” Jawaban saya  adalah BISA.

Sampai disini dulu artikel kami tentang memprediksi Biaya Renovasi Atap Rumah, semoga dapat membantu. sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *