ArtikelPortfolio

Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona

Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona

Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona Proyek Laladon Bogor

Salam sukses sehat selalu, jumpa lagi dengan Tim renovatap.com. Dalam kesempatan ini kami akan membahas konstruksi rangka atap baja ringan type cremona. Objek atau proyek yang akan kita bedah saat ini berlokasi di Laladon Bogor. Kebetulan pada proyek ini kami hanya dipercaya sebatas pekerjaan atap, baik konstruksi rangka atap baja ringan maupun pekerjaan atap genteng.

Dalam Istilah teknik sipil sendiri sebenarnya cremona bukanlah suatu nama untuk salah satu jenis type atau model konstruksi kuda-kuda, baik kuda-kuda baja berat, baja ringan maupun kayu. Cremona sendiri adalah salah satu metode penyelesaian gaya-gaya dengan grafis. Metode Cremona kebetulan lebih sering untuk menghitung gaya-gaya rangka kuda-kuda. Model atau type Kuda-kuda yang kami maksud cremona tersebut sebenarnya bernama kuda-kuda Scissors atau kalau dalam bahasa indonesia kuda-kuda gunting, mungkin karena bentuknya seperti gunting. Saya kurang paham kenapa kuda-kuda tersebut bisa lebih populer dinamai cremona.

tipe kuda-kuda

Kelebihan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona untuk rumah tinggal adalah bisa memiliki space plafond yang tinggi di area tengah, rangka plafond bisa dipasang mepet dibawah bottom chord (rangka batang bawah). Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona bukan tanpa kelemahan. Kelemahan kuda-kuda cremona tersebut salah satunya adalah dalah perencanaan dan analisa struktur. Karena memiliki karakter web pendek maka harus benar-benar dihitung menggunakan perangkat perhitungan struktur, bisa secara manual dengan metode perhitungan titik buhul dan metode cremona atapun bisa juga dengan menggunakan perangkat Software. Berikut adalah output perhitungan analisa struktur rangka atap baja ringan dengan menggunaka software khusus.

analisa struktur

Terlihat elemen yang di arsir tersebuat adalah profil baja ringan yang di box (double) jarak kuda-kuda pun dibuat jarak 90cm. Diperlukan proses trial and error dalam perhitungan sampai passed dibawah 99%. Berikut dilampirkan beberapa foto Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona di proyek Laladon Bogor.

konstruksi atap baja ringan

konstruksi atap baja ringan1

konstruksi atap baja ringan2

konstruksi atap baja ringan3

konstruksi atap baja ringan4

Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona di proyek Laladon Bogor ini menggunakan genteng keramik Morando Jatiwangi, untuk beberapa area menggunakan kaca tempered 8mm. Ya benar memang berat bebannya, baik genteng maupun kaca tersebut. Maka dari itu seperti kami jelaskan diatas perlu cermat dihitung dengan perangkat hitung struktur, tidak bisa asal pasang sembarangan.

Demikian artikel Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona ini dibuat mudah-mudahan bermanfaat buat para pembaca, bisa WA kami untuk diskusi atau keperluan untuk kami bantu pelaksanaan pekerjaan. Dibawah kami lampirkan video untuk dapat lebih membantu gambaran pekerjaan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan Cremona.

Tags: konstruksi rangka atap baja ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *