Artikel

Kenapa Harga Atap Baja Ringan Murah? sedangkan ditempat lain mahal

Kenapa Harga Atap Baja Ringan Murah? sedangkan ditempat lain mahal

Salam Sukses jumpa lagi dengan saya Bonny Purnomo Hadi, ST. Penulis dan juga Team Leader dari  renovatap.com di CV. Virgo Aditama. Agak Shocking ya saya ambil judul artikel “Kenapa Harga Atap Baja Ringan ditempat kami Murah sedangkan ditempat lain mahal” ada beberapa alasan penulis membuat artikel ini, diparagraf selanjutnya akan penulis ceritakan. Kadang ada karakter orang yang langsung judgement ketika diberi harga yang murah seolah-olah kualitasnya tak sebagus dengan penawaran harga yang lebih mahal.

Bapak / Ibu tentunya sudah banyak membaca artikel mengenai Tips memilih atap baja ringan yang baik, mulai dari menceritakan bahan yang anti karatlah, yang BlueScope dan non BlueScope. Lalu ada yang menyinggung tentang mutu baja, ketebalan ukuran profil dan lain-lain. Menurut saya konsumen Zaman now sudah pintar-pintar tanpa terlalu sering dijejali informasi seperti demikian. Lalu ada yang menyinggung kredibilitas perusahaan, kemampuan Installer dan lain-lain.

Bila yang memberikan artikel tips memilih atap baja ringan yang benar itu brand besar seperti Lysaght, Pryda atau J-Steel sih gak masalah, mereka konsekwen menggunakan sistem yang jelas dan menggunakan bahan yang high premium dalam pelaksanaan kerjanya. Lha ini yang memberi tips perusahaan atau malah perorangan yang baru main baja ringan kemaren sore. Banyak website mereka juga bertebaran di google searching yang memberi tips-tips  atap baja ringan. Anehnya saya lihat sebagian besar tidak menggunakan Software untuk desain & engineering struktur kuda-kuda. 

Kami CV. Virgo Aditama dengan brand renovatap.com menggunakan sistem layaknya brand besar seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Setelah bangunan kami ukur dan survey, kami hitung dengan menggunakan software khusus perhitungan rangka baja ringan. Software yang kami pakai ada tiga; yaitu Truss D & E, FrameCad dan SAP2000. Engineer yang mengoperasikan pun mempunyai SKA-Madya dibidang bangunan gedung. Tenaga Installer berpengalaman dari tahun 2002 dengan Sertifikasi Smartruss. Ya beberapa tenaga kerja kami yang lama-lama memang jebolan dari PT. lambang Surya, PT. CBM dan perusahaan pionir baja ringan lain. 

Bicara harga untuk brand pionir yang saya sebutkan diata kami hars jangan kaget. Misal ada proyek dengan luas atap 100m2 genteng keramik model limas jurai, mereka bisa saja buka diharga Rp. 170.000,- /m2 (C.75.75) dikami harga atap baja ringan Rp. 120.000,- dengan kualitas sistem pemasangan dan kualitas bahan yang mendekati. Tapi coba lihat perbedaan harganya bisa 5 juta sendiri.

Pertanyaannya, kenapa harga atap baja ringan di tempat itu mahal? ya simple jawabnya menurut saya. Biaya develope mereka besar sekali, lalu rantai kerja mereka sangat banyak, baik dari suply bahan maupun tenaga kerja. Pasti ada yang namanya Surveyor, Structure Engineer, Inspector, Aplikator dan tenaga-tenaga yang lain. Belum lagi ekspetasi profit margin yang gak mungkin si bos-bos itu mau dibawah 30%. Yang anehnya perusahaan / aplikator kemarin sore yang minim pengalaman juga kadang pasang harga yang jauh dari kata murah. Bapak / ibu bisa cek di website pemasangan baja ringan lain, bisa dilihat ada yang buka Rp. 125.000,- sampai dengan Rp. 165.000,- untuk Harga Atap baja ringan C.75.75

Pertanyaan kedua, kenapa di renovatap.com bisa murah? katanya pakai sistem yang sama dengan brand pionir diatas. Jawaban saya adalah Sejarah, ya sejarah latar belakang atau background. Kebetulan saya beruntung ditahun 2006 sudah dipercaya menjadi Structure Engineering di Pryda, setelah itu saya juga diberi keberuntungan mendapatkan license aplikasi pemasangan atap baja ringan Smartruss dari Lysaght, dan yang lebih beruntungnya banyak dari tenaga kerja yang dahulu sama-sama training ikut saya didalam tim saya sampai sekarang. Selanjutnya saya bisa mendapatkan Software-Software perhitungan struktur baja ringan, saat itu masih susah, gak segampang sekarang. Jadi gak salah jika penulis berani bilang bahwa renovatap.com meniru sistem dari perusahaan pioner-pioner atap baja ringan yang ada di Indonesia. Lalu secara struktur organisasi kerja sendiri tim kami sangat ramping jadi low budget operasional. Dalam hal ekpetasi profit margin yang diinginkan, biasanya 5% sampai dengan 8% kami ambil tidak harus 20% seperti kebanyakan orang. Terus terang diluar penghasilan dari bisnis Renovasi Rumah dan Rangka Atap Baja Ringan saya pribadi juga ada kegiatan lain sebagai engineer honorer di salah satu kementrian, dan untuk borongan atap  baja ringan juga secara rutin di bulan september – desember selalu ada setiap tahun di Pemerintah Kota Depok. Tidak menjadi masalah jika di pekerjaan borongan retail / perorangan pendapatan saya tidak terlalu maksimal, karena masih ada pendapatan lainnya.

Pertanyaan ketiga, ada gak yang lebih murah harga atap baja ringannya dari renovatap.com. Jawaban saya banyak, barusan saya melihat di salah satu marketplace sebut saja olx, ada yang berani buka harga Rp. 105.000,- kalau saya objektif saja, jika selisih Rp. 5ribu atau 10rb menjadi pertimbangan bapak / ibu memilih harga yang paling murah tersebut silahkan saja, secara insting ekonomi manusiawi. Hanya saja saya sarankan, tanyakan pakai software atau tidak? saya pastikan sebagian besar tidak pakai, ok kalau tidak punya software bagaimana? minta gambar denah atap dan konfigurasi kuda-kuda, dari situ kelihatan jarak kuda- kuda dan jarah konfigurasi web. Terus terang mereka yang beriklan di marketplace biasanya tukang baja ringan yang mau mencoba peruntungan borong baja ringan, bekas anak buah kita juga ada soalnya, hehe.. ada juga distributor genteng atau tadinya pemain plafond gypsum. jadi bisa dipastikan gambar autocad saja mereka jarang yang bisa memberikan.

Demikian artikel dari saya, mudah-mudahan bisa menjadi referensi dan berguna sampai jumpa di artikel selanjutnya

renovasi atap baja ringan bekasirenovasi atap baja ringan depok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *