Cara MenghitungPortfolio

Analisa Struktur Rumah Baja Ringan

Analisa Struktur Rumah Baja Ringan

Analisa Struktur Rumah baja ringan menggunakan software SAP 2000. Setelah sebelumnya kita membahas teknis dan tahap-tahap pemasangan Rumah Baja Ringan, sekarang penulis mau sedikit berbagi mengenai sisi engineering Rumah Baja Ringan yang meliputi desain maupun perancangan. 

Sedikit informasi seperti saya jelaskan di artikel sebelumnya bahwa artikel ini adalah hasil dari pelaksanaan proyek rumah baja ringan Lombok 2018 Direktorat Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan. Proyek Rumah Baja Ringan dinamakan Ruang Bangunan Sementara (RBS) yang meliputi seluruh bangunan Sekolah Menengah Pertama yang terdampak gempa Lombok 2018. 

Baik langsung saja kita masuk ke materi. Dalam proses input dan pemodelan pada Software SAP 2000 agak rumit dibanding Software yang memang khusus menghitung Konstruksi Rumah Baja Ringan. Alasan saya menghitung analisa struktur Rumah Baja Ringan menggunakan Software program SAP 2000 Versi 19 adalah karena software khusus seperti FrameCad maupun Truss D&E tidak bisa mengeluarkan output gaya struktur balok dan kolom Rumah Baja Ringan secara kesatuan.

berikut tahap-tahap desain dan perencanaan Rumah Baja Ringan menggunakan Software program SAP 2000.

  • Pemodelan Elemen

       perhitungan rumah baja ringan

        berikut adalah pemodelan 3 Dimensi Rumah Baja Ringan, ukuran satu Lokal adalah 7m x 9m

perhitungan baja ringan perhitungan baja ringan1

       berikut adalah view 2Dimensi Rumah Baja Ringan

  • Input Material dan Section Properti Baja Ringan

    input mutu baja section baja ringan

Di tahap ini kita masukan input material yang meliputi mutu baja, modulus elatisitas, ukuran section profil dan lain-lain. Data Harus sesuai dengan material yang akan digunakan.

  • Pembebanan

   pembebanan baja ringan

Biasanya pembebanan struktur yang ideal, meliputi beban sendiri, beban hidup, beban angin, beban hujan dan beban gempa. Namun pada perancangan kali ini saya hanya memasukan beban sendiri. Di pemodelan SAP 2000 kita bisa membuat dahulu pemodelan area load.

  • Hasil Analisa Struktur

 stress ratio baja ringan

Tahap terakhir dalam proses perancangan dan desain rumah baja ringan menggunakan Software SAP 2000 adalah Hasil Output Analisa Struktur. Output analisa struktur  kalau jaman saya dulu kuliah biasaya Gaya dalam batang berupa Gaya Aksial, Momen dan Gaya Geser selanjutnya di analisa menggunakan perhitungan LRFD, ASD dan peraturan perhitungan lainnya. Namun di perancangan kali ini saya memanfaatkan fasilitas yang ada di settingan SAP 2000 Versi 19 yaitu Stress ratio Analisis. 

Stress Ratio Analisis ini kita tinggal memasukan peraturan perhitungan LRFD, ASD dan lain-lain. Lalu kita tinggal klik check structure. Output yang keluar adalah diagram warna seperti gambar diatas. Semakain mendekati nilai 1 (merah) maka semakin rawan / ringkih struktur, jika melebihi angka 1 struktur harus diganti yang lebih tebal atau dibox, dicoba dengan metode trial and error sampai semua elemen aman (warna orange, kuning dan biru) atau jauh dibawah angka 1.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Setelah artikel analisa struktur rumah baja ringan ini selanjutnya saya akan membuat artikel desain dan engineering yang lebih detail, dan menggunakan software lain.

 

 

One thought on “Analisa Struktur Rumah Baja Ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *